• SMK SPP SNAKMA MUHAMMADIYAH
  • SMK Bisa-Hebat | Siap Wirausaha - Siap Kerja - Siap Kuliah

SNAKMA Muhammadiyah Tanjung Anom Siapkan Peternak Tangguh

Medan, InfoMu.co – SMK SPP Snakma Muhammadiyah Tanjung Anum, Medan menjadi salah satu sekolah yang menyiapkan tenaga terdiri dibidang peternakan. Ini adalah satu-satunya sekolah peternakan yang ada di Sumatera Utara. Dengan sekolah ber-Akreditasi  ‘A’ sekolah ini sudah teruji menjadi kawahcandradimuka peternak tangguh.

Kepala SPP Snakma Muhammadiyah Tanjung Anom, Ir. Nasriadi menjelaskan, Snakma Muhammadiyah  yang berdiri pada tahun 1976 sudah menghasilkan tenaga terdiri yang bekerja di berbagai industri peternakan, sarjana peternakan sampai peternak tangguh. Sekolah ini, Nasriadi memiliki empat program studi agribisnis ternak unggas, agribisnis ternak rumanasia, kesehatan hewan dan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura. Kini Snakma Muhammadiyah Medan  menjadi salah satu sekolah berstatus ‘Center of Excellance’.

Status COE yang diberikan Kemendikbud kepada sekolan dengan akreditasi A itu karena prestasi dan kualitas yang dimiliki sekolah yang mengelola program studi peternakan dan pertanian itu.

Yang menarik, Kata Nasriadi, banyak perusahaan yang datang dan minta untuk mendapatkan lulusan guna dipekerjakan di perusahaan mereka. Ada juga siswa yang masih bersekolah diminta untuk menjadi konsultan sebuah peternakan milik pribadi.

Kepala Sekolah SMK Swasta SPP SNAKMA Ir. Nasriadi mengatakan, sejak berdiri hingga saat ini SMK SPP Snakma Muhammadiyah telah banyak melahirkan alumni yang sangat berperan membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan dan protein hewani, sehingga tidak heran banyak alumninya yang berkecimpung di dinas peternakan dan pertanian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Nasriadi menyebut nama beberapa perusahaan dimana  banyak alumni SMK SPP Snakma Muhammadiyah yang berkiprah disana,  seperti PT Phokhand, PT, Mension, PT. Sabar Breaking dan PT. Sido Agung Grub dan lain sebagainya, yang paling membanggakan menurutnya saat ini juga banyak para SMK Swasta SPP Snakma yang langsung melakukan open rekrutmen atau penerimaan tenaga kerja baru dari sekolah seperti oleh PT. Sido Agung dan PT. Mension.

Bagi Nasriadi, kini SNAMKA Muhammadiyah semakin menarik peminat karena telah dilakukan pendampingan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Untuk pendampingan itu, UMSU menurunkan tim konseling untuk siswa dalam menentukan minat dan bakat siswa, menurunkan tim FKIP UMSU untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar serta tim sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas laboratorium dan praktik kerja.

Jumah Siswa Terus Bertambah

Perkembangan SPP Snakma Muhammadiyah Tanjung Anom kini semakin menggembirakan. Sekolah yang berdiri diatas lahan seluas 3 hektar itu berdiri beberapa fasilitas  mulai dari laboratorium, peternakan Sapi, Kambing sampai ‘Teaching Farm’ atau laboratorium produksi yang mampu mengembangkan 10 ribu ekor ayam potong setiap bulannya.

Jumlah siswa sekolah ini setiap tahunnya terus bertambah atau jumlah siswa baru lebih banyak dari jumlah lulusan. Tahun ajaran 2021/2022 ini sudah terdaftar lebih 100 siswa baru. Diperkirakan jumlah siswa akan terus bertambah. Nasriadi memperkirakan akan ada sekitar 150 siswa baru. ” Bagi yang ingin menjadi peternak atau pengusaha ternak yang handal, silahkan mendaftar ke sekolah yang beralamat di  Jalan SNAKMA No.2 Tanjung Anom, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang.

Atau dapat menghubungi kontak :  Aisyah (085373700626), Novi (081376764374),  Eka Wahyudi (082162871750) atu 085373843441.  (Syaifulh)

 

 

SUMBER: https://infomu.co/snakma-muhammadiyah-tanjung-anom-siapkan-peternak-tangguh/

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SNAKMA Muhammadiyah Tanjung Anom Center of Excellance Peternakan

MEDAN, Suara Muhammadiyah – SMK SPP Snakma Muhammadiyah Tanjung Anom, Medan menjadi salah satu sekolah yang menyiapkan tenaga terdiri dibidang peternakan. Ini adalah satu-sat

02/01/2022 11:13 - Oleh Administrator - Dilihat 583 kali
UMSU Dampingi Snakma Muhammadiyah Jadikan Sekolah Unggul

Medan, InfoMu.co – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mendampingi pengembangan pendidikan SMK Sekolah Pendidikan Pertanian Snakma Muhammadiyah   untuk mewujudk

02/01/2022 10:53 - Oleh Administrator - Dilihat 439 kali
Tim Pendampingan UMSU Lakukan Test Bakat Siswa SNAKMA Muhammadiyah

Medan, InfoMu.co – UMSU terus melakukan pendampingan untuk proses belajar dan mengajar di SMK SPP Snakma Muhammadiyah di Tanjung Anom, Deli Serdang. Sekolah Perternakan itu p

31/12/2021 22:41 - Oleh Administrator - Dilihat 498 kali
SMK SNAKMA Muhammadiyah Meraih Akreditasi "A"

Assalamualaikum Wr Wb. Alhamdulillah, Saat ini SMK SWASTA SPP SNAKMA MUHAMMADIYAH telah meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah pada tahun 2019.  

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 1218 kali